Posko Pengungsian

Kastara.ID, Jakarta – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melakukan pengembangan pada situs bpbd.jakarta.go.id dengan menampilkan fitur Peringatan Dini Cuaca.

Fitur ini menampilkan informasi peta kondisi cuaca terkini (real time) di wilayah Jabodetabek.

Pengembangan ini dilakukan dengan mengintegrasikan data Application Programming Interface (API) dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kemudian dapat diakses pada laman https://bpbd.jakarta.go.id/peringatandini.

Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta, Mohammad Insaf mengatakan, melalui fitur Peringatan Dini Cuaca, masyarakat bisa memantau sekaligus mendapat informasi wilayah yang diperkirakan akan terdampak hujan lebat, potensi angin kencang beserta durasinya.

“Pengembangan website BPBD ini supaya masyarakat lebih mudah menerima informasi secara luas,” ungkap Insaf (10/4).

Insaf menjelaskan, masyarakat yang memantau perkembangan cuaca melalui fitur tersebut dapat mengantisipasi dampak yang akan ditimbulkan apabila terjadi cuaca buruk atau ekstrem.

Fitur Peringatan Dini Cuaca juga menginformasikan kondisi cuaca secara real time bukan hanya di wilayah Jakarta, tapi hingga wilayah Bodetabek. Sehingga warga dapat mempertimbangkan atau menunda untuk bepergian ke luar rumah lantaran potensi timbulnya genangan ataupun pohon tumbang.

“Misalnya cuaca ekstrem, masyarakat bisa mengantisipasi akan adanya bahaya bencana yang ditimbulkan,” terang Insaf.

Ia menambahkan, informasi kondisi cuaca di Bodetabek juga bertujuan untuk memprediksi kondisi pintu air di Jakarta saat terjadi hujan deras di daerah sekitar Jakarta.

“Kalau sedang hujan deras di Bogor, kita bisa antisipasi banjir kiriman atau naiknya muka air di badan kali. Makanya ini perlu diantisipasi juga melalui fitur ini,” tandas Insaf. (hop)