Menurutnya, terdapat beberapa poin yang harus segera ditindaklanjuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk penataan lanjutan di area tersebut.

Pj Gubernur Heru mengapresiasi sinergi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI dan Kedubes AS dengan Pemprov DKI Jakarta, sehingga dapat mengembalikan fungsi trotoar untuk pejalan kaki.

“Pertama, cone dan Movable Concrete Barrier (MCB) sudah diangkut. Saya ucapkan terima kasih kepada jajaran Kemlu dan Duta Besar Amerika yang telah mau bersama-sama mengembalikan fungsi trotoar,” katanya di lokasi, seperti dikutip dari Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta.

Pengecekan yang dilakukan olehnya juga bertujuan agar area trotoar makin nyaman dan indah untuk dilewati masyarakat.

Ia telah menginstruksikan pembersihan dan penataan di sekitar trotoar, termasuk menata kabel PLN.

“Pagi ini saya mengecek apa yang masih kurang. Contohnya, kita akan bersihkan, di sana ada pohon yang memang sudah ada, tapi kita rapikan. Artinya, kita perbaiki juga wilayah ini,” ungkapnya.

“Memang dari awal saya ingin ada kemudahan bagi warga, yang dari arah Tugu Tani bisa terus berjalan ke arah Patung Kuda, supaya nyaman. Harapannya, ke depan dapat berfungsi secara optimal,” tambahnya.

Diketahui, Pemprov DKI Jakarta telah membuka trotoar di depan Kedubes AS tepat pukul 22.00 WIB, Jumat (9/6) lalu. MCB telah dirapikan oleh Dinas Bina Marga, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP DKI Jakarta. Kegiatan tersebut juga disaksikan oleh jajaran Kemlu RI dan Kedubes AS. (hop)