Kastara.ID, Mugello — Pembalap Spanyol, Alex Marquez berhasil tampil baik di sesi Kualifikasi MotoGP Italia, di Sirkuit Mugello, Sabtu (10/6).

Awalnya pembalap satelit Gresini Racing itu terlempar ke Q1, namun dengan kecepatannya mampu lolos ke Q2.

Alex menampilkan performa menjanjikan selama Q2 dan berhasil meraih waktu tercepat ketiga.

Dalam Sprint Race pada Sabtu di Mugello, Alex berhak atas start ketiga tersebut, tapi dalam balapan utama pada Ahad (11/6) ini, Alex harus menyerahkan posisi start ketiganya ke pembalap lain.

Bahkan Alex akan memulai balapan dari posisi keenam, buntut dari kesalahannya dalam balapan sebelumnya di MotoGP Le Mans, Prancis.

Saat itu, Alex telah menyenggol pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder, dalam balapan utama Le Mans di lap pembuka, membuat Binder kelihangan banyak posisi hingga ke urutan 18.

Alex pun dinyatakan bersalah dan mendapat hukuman pengurangan grid 3 posisi.

Jadi, apapun hasil Kualifikasi Alex di Mugello akhir pekan ini, posisi startnya akan diturunkan tiga posisi. Karena dia berhasil mendapat start ketiga, maka dia akan turun hingga posisi start ke-enam.

Tiga pembalap dibelakangnya, termasuk Luca Marini akan naik satu peringkat. Marini yang awalnya start keempat, hari ini akan start ketiga, begitu juga dengan dua pembalap di belakangnya, masing-masing naik satu posisi start.

Alex menerima hukuman ini dan siap start dari posisi keenam. Dirinya yakin bisa tampil baik di Mugello dengan Ducati.

“Ini adalah trek yang sangat saya sukai. Namun dengan Honda (sebelumnya), saya mengalami masalah perlambatan di sini. Mugello nyaman dengan Ducati. Anda membutuhkan stabilitas dan sedikit pergerakan dan tentu saja mesinnya, Ducati memberi saya semua itu. Di lap pertama, balapan tentu saja juga sangat agresif,” pungkas Alex seperti dilansir Speedweek.com. (tra)