Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) terus memberikan kemudahan layanan publik bagi masyarakat.

Berbagai inovasi pun terus dilakukan, salah satunya dengan membuka Gerai Pelayanan Publik – Memulai Usaha di Stasiun MRT Blok A, Jakarta Selatan.

Gerai ini merupakan bagian dari upaya Dinas PMPTSP Provinsi DKI Jakarta dalam memberikan layanan perbantuan perizinan dengan kemudahan dan pendekatan layanan ke warga Jakarta. Melalui gerai ini, masyarakat bisa melakukan konsultasi perizinan maupun non-perizinan. Tidak hanya itu, para pelaku usaha juga bisa mengurus dokumen perizinan usaha berupa Nomor Induk Berusaha.

Kepala Dinas PMPTSP Provinsi DKI Jakarta Benni Aguscandra mengatakan, selain mendekatkan layanan kepada masyarakat, kehadiran Gerai Pelayanan Publik di Stasiun MRT Blok A ini sekaligus menjawab tantangan dalam memberikan pelayanan publik yang prima.

“Ini bagian dari layanan perbantuan selain Antar Jemput Izin Bermotor atau AJIB dan ini gratis. Mudah-mudahan ini bisa meningkatkan layanan, orang sambil jalan turun dari stasiun,” ujar Benni, Jumat (11/8).

Benni menyampaikan, sesuai amanat Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono bahwa Pemprov DKI Jakarta berkomitmen dan berperan aktif dalam mengembangkan Usaha Mikro dan Kecil. Maka, melalui Gerai Pelayanan Publik ini pihaknya siap melakukan asistensi pengurusan izin usaha dan administrasi lainya yang dibutuhkan oleh para pelaku usaha khususnya pelaku Usaha Mikro dan Kecil.

“Berbagai program telah Kami jalankan untuk memajukan Usaha Mikro dan Kecil di Jakarta. Dalam aspek legalitas, Kami terus mendukung kemudahan akses dan percepatan pemberian izin usaha berbasis online termasuk NIB,” kata Benni.

Benni berharap, kehadiran Gerai Dinas PMPTSP DKI Jakarta di Stasiun MRT Blok A ini dapat membuka kembali ruang-ruang kolaborasi dan sinergitas para pemangku kepentingan, dengan menghadirkan lebih banyak inovasi yang dapat terus mendorong lahirnya para pelaku usaha yang naik kelas dan berhasil di Jakarta.

“Mudah-mudahan ini bisa berlanjut di stasiun-stasiun lainnya,” tandas Benni. (hop)