Jumat Beli Lokal

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta meluncurkan program Jumat Beli Lokal di Gedung Jakarta Creative Hub (10/9). Peluncuran program ini dihadiri Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretariat Daerah (Setda) DKI Jakarta, Sri Haryati.

Menurut Sri, program Jumat Beli Lokal digelar dalam rangka meningkatkan akses pemasaran berbagai produk Jakpreneur binaan pada masa pandemi COVID 19. Setiap pekan tema yang diusung berbeda-beda, sesuai produk yang dipasarkan. Untuk pekan ini, temanya adalah Ngemil.

“Program ini digelar rutin setiap Jumat untuk mempromosikan berbagai produk unggulan Jakpreneur binaan secara daring, melalui media sosial dan kanal belanja digital,” ujar Sri.

Ia menjelaskan, sebanyak 286.000 pelaku UMKM yang telah bergabung menjadi Jakpreneur binaan Pemprov DKI Jakarta mulai dari pemula hingga yang sudah mengekspor produknya ke luar negeri, akan ikut meramaikan program Jumat Beli Lokal ini.

Selain itu, lanjut Sri, tujuh organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov DKI Jakarta yang mengadakan program Jakpreneur juga ikut mendukung program ini.

“Jadi, setiap pekan ada tim yang melakukan tahapan kurasi berbagai produk UMKM dan dipromosikan melaluk Jumat Beli Lokal,” tuturnya.

Sementara Kadis PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo menjelaskan, pada pelaksanaan Jumat Beli Lokal perdana hari ini dipasarkan 70 produk cemilan melalui online

“Produk makanan cemilan yang dipasarkan telah melalui tahapan kurasi, sehingga dari rasa dan kemasan mampu menarik pembeli,” ungkapnya.

Ratu mengajak masyarakat untuk belanja berbagai produk UMKM binaan, guna meningkatkan perekonomian Jakarta. (hop)