Kastara.Id,Depok – Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) pada Sekretariat Daerah Kota Depok, Mohammad Fitriawan mengajak seluruh pengusaha agar melakukan tera-tera ulang bagi alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP). Sebab, tera ini sangat penting untuk melindungi pembeli dan pedagang.

Fitriawan mewakili Wali Kota Depok, Mohammad Idris saat menghadiri sosialisasi Kemetrologian di Gedung Balatkop, Kecamatan Sukmajaya, Kamis (9/11).

Fitriawan menghimbau ,”Para pengusaha bisa menghubungi UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) Metrologi Legal untuk diukur alat-alatnya, tentunya ini sangat penting menjaga kepercayaan masyarakat,” ujarnya dalam acara tersebut.

Fitriawan mengatakan, alat timbang dalam setahun penggunaanya harus diuji apakah sesuai dengan standarisasi dan tidak mengalami kerusakan. Setelah terkalibrasi, alat timbang akan dibubuhi cap tanda tera oleh petugas Metrologi. Hal ini menandakan bahwa timbangan tersebut memenuhi standar dan layak untuk dipakai sehari-hari.

“Pemerintah daerah memastikan alat ukur di masyarakat berlangsung dengan baik, maka manfaatkan adanya UPTD Metrologi Legal ini,” ucap Fitriawan.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok, Dudi Mi’raz Imaduddin menjelaskan, komitmen kerja ini merupakan wujud nyata pemerintah bersama lintas instansi untuk menegakkan kebenaran pengukuran.  Serta memastikan alat ukur yang digunakan untuk transaksi perdagangan sudah di tera-tera ulang.

Dudi mengatakan,”Kami bersama perangkat daerah, perusahaan, dan asosiasi berkomitmen untuk memperkuat perlindungan konsumen dan memberikan citra positif bahwa sistem perdagangan dan timbangan di Depok aman sesuai takaran,” .

Masih kata Dudi, Kota Depok juga sedang membidik predikat Daerah Tertib Ukur. Oleh sebab itu, diperlukan yang namanya koordinasi dan kolaborasi dengan elemen masyarakat.

“Semoga dengan apa yang sudah kami upayakan ini mampu menjadikan Depok Daerah Tertib Ukur,” kata Dudi.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Metrologi Legal Kota Depok, Ahmad Zakki Mubarok mengungkapkan, pihaknya menjalin komitmen kerja dengan Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, Dinas Perhubungan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, PT Tirta Asasta (Persero), Majelis Ulama Indonesia, dan PT Pegadaian.