Yusri Yunus

Kastara.ID, Jakarta – Tim Subdit Ranmor Polda Metro Jaya meringkus tiga orang pelaku (spesialis curanmor) yang sering melakukan pencurian motor di kawasan Jakarta Barat. Polisi mengamankan ketiga tersangka pada Sabtu (11/1) dini hari, sekitar pukul 03.05 WIB.

“Para pelaku dilakukan penangkapan di depan Bank BNI Kota Tua, Jakarta Barat sesaat setelah melakukan curanmor dari di Jl TB Angke, Jakbar,” terang Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Yusri Yunus dalam keterangannya, saat dikonfirmasi di Jakarta, Ahad (12/1).

Ketiga tersangka tersebut adalah Muklis (33), Harun (23), dan Baihaki (23). Ketiganya memilki peran yang berbeda-beda. Seperti Muklis dan Harun berperan sebagai eksekutor mencuri sepeda motor. Sedangkan tersangka Baihaki berperan sebagai penadah.

Selain itu, ketiga tersangka ini kerap melakukan aksinya dengan cara merusak kunci kontak motor menggunakan kunci letter T dan membawa kabur motor korban.

“Modusnya pelaku mencongkel gembok pagar rumah dan masuk ke dalam tempat parkir halaman rumah. Kemudian tersangka merusak lubang kunci sepeda motor dengan kunci letter T dan membawa kabur sepeda motor korban,” beber Yusri.

Setelah itu, polisi membawa pelaku untuk menelusuri tempat-tempat mana saja tersangka lainnya bersembunyi. Saat pelaku menunjukan ke wilayah Karawang, Jawa Barat, kelompok itu mencoba melawan petugas dengan maksud ingin melarikan diri.

“Hari Minggu sekitar pukul 01.00 WIB di wilayah Karawang menuju Pakis Jaya, saat para pelaku diarahkan menunjukan keberadaan pelaku penadah lainnya, tiba-tiba para pelaku berusaha melarikan diri,” ucap Yusri.

“Sehingga petugas melakukan tindakan tegas dan terukur terhadap para pelaku dengan tembakan ke arah kaki pelaku,” lanjutnya.

Saat ini, para tersangka tengah berada di Polda Metro Jaya untuk diintrogasi lebih lanjut. Polisi juga sudah melakukan penahanan terhadap ketiga tersangka itu. (hop)