PKBM Kaki Langit

Kastara.ID, Jakarta – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kaki Langit di Pendopo Garuda Nangrow, Jalan Nangka Growong, RT 04/01, Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, diresmikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Sabtu (12/3).

PKBM Kaki Langit memfasilitasi warga untuk mendapatkan pendidikan kejar paket A, B dan C. Tercatat, saat ini ada 134 peserta yang mengikuti pendidikan setara SD, SMP dan SMA.

Pendiri PKBM Kaki Langit, Syarif mengatakan, dirinya ingin ikut berkontribusi, berkolaborasi dengan pemerintah meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan.

“Tidak perlu diseminarkan atau didiskusikan alasan mereka putus sekolah. Kita langsung tampung mereka dan disiapkan sarana pendidikan melalui PKBM Kaki Langit ini, gratis,” ujar Syarif yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Komisi D DPRD DKI Jakarta, Sabtu (12/3).

Menurutnya, pada September mendatang diprakirakan ada 43 peserta didik PKBM Kaki Langit lulus jenjang Paket A, B maupun Paket C.

“Usia mereka rata-rata sudah dewasa. Bahkan, ada juga yang berusia 50-52 tahun. Saya sangat mengapresiasi kegigihan mereka melanjutkan pendidikan,” terangnya.

Syarif menjelaskan, PKBM Kaki Langit juga terus bersinergi dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta agar mereka yang lulusan dari PKBM dapat melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi.

“Kami sangat ingin mereka juga bisa mendapatkan bantuan biaya pendidikan melalui Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU),” bebernya.

Ia menambahkan, kerja sama juga akan dilakukan dengan Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta terkait penyaluran tenaga kerja.

“Saya ingin lulusan PKBM juga diberikan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak untuk meningkatkan kesejahteraan dirinya dan keluarga,” tandasnya. (hop)