Sembako

Kastara.ID, Jakarta – Paur Humas Polresta Bogor Kota Ipda Desty Irianti mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kegiatan pembagian sembako kepada masyarakat di sekitar Istana Presiden, Bogor, Jawa Barat.

Saat memberikan keterangannya (11/4), Desty menyebut Jokowi ikut langsung dalam pembagian sembako tersebut. Desty menjelaskan acara bagi-bagi sembako dilakukan pada Jumat (10/4) malam sekitar jam 20.30 WIB. Masyarakat yang tahu adanya acara tersebut langsung datang menghampiri Istana Bogor.

Meski demikian, menurut Desty acara berlangsung sebentar, hanya sekitar 30 menit. Kegiatan itu pun tidak menimbulkan kemacetan. Pasalnya Jokowi hanya menyasar masyarakat dan ojek online. Setelah selesai membagikan sembako, Jokowi langsung pergi meninggalkan lokasi untuk kembali ke Istana Bogor.

Sebelumnya di jejaring sosial Twitter beredar video yang memperlihatkan kerumunan massa di depan Istana Bogor. Video yang diunggah pemilik akun @wawat_kurniawan itu tertulis keterangan Presiden mengumpulkan orang untuk pembagian sembako di Istana Bogor.

Hal ini langsung menuai beragam komentar warganet. Umumnya mempertanyakan acara yang dilaksanakan ditengah ancaman penularan virus corona. Pemilik akun bernama Sad Ronin mencuitkan “bagaimana dengan aturan social distancing yang dicanangkan. Bahkan pemilik akun menyebut acara itu seolah menyiapkan kuburan massal warga Bogor.

Sedangkan pemilik akun @lon3cat menuliskan komentar, demi pencitraan semua larangan dia langgar sendiri. Pemilik akun juga menganggap Jokowi seolah tak mau kalah dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang juga membagikan sembako. Namun bedanya, Anies membagikan sembako langsung ke rumah warga untuk menghindari kerumuman massa. (ant)