KM Columbus GT-77

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 51 penumpang dan enam kru Kapal Motor (KM) Columbus GT-77 dengan rute Pelabuhan Kaliadem-Pulau Kelapa yang mengalami kerusakan berhasil dievakuasi petugas Sektor 7 Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Perwira Piket Sektor 7 Sudin Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Eko Mahendro mengatakan, terjadi kebocoran pada bagian lambung kapal saat melintasi di Pulau Gosong Sekati atau perairan selatan Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

“Tadi siang kami menerima laporan dari Pak Plt Lurah Pulau Kelapa perihal KM Columbus Gt-77 yang hampir tenggelam karena mengalami kebocoran. Sebanyak 10 personel dari Pos Jaga Pulau Karya berikut satu unit rescue boat dan pompa apung langsung kami kerahkan ke lokasi,” ujarnya (11/5).

Eko menjelaskan, untuk proses evakuasi penumpang dan kru kapal pihaknya dibantu satu unit kapal penumpang tradisional sampai ke tujuan akhir Pulau Kelapa.

“KM Columbus GT-77 selanjutnya juga kita tarik menuju Pulau Kelapa,” terangnya.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Lurah Pulau Kelapa, Muslim menuturkan, seluruh penumpang dan kru kapal dipastikan selamat tiba di Pulau Kelapa.

“Bersama instansi terkait, kita sudah cek penumpang dan ABK selamat sesuai manifes. Mereka juga sudah kita periksa suhu tubuh dan surat keterangan COVID-19,” tandasnya. (hop)