Kastara.id, Singapura – Pada hari jadinya yang ke-5, perusahaan teknologi terkemuka di Asia Tenggara, Grab, merilis laporan ‘Moving SEA Forward’ pada tanggal 5 Juni 2017 dengan tujuan menyoroti pertumbuhan dan dampak yang sangat luar biasa terhadap kehidupan di seluruh Asia Tenggara. Bersama Grab lebih dari 930.000 mitra pengemudi mendapatkan penghasilan lebih besar. Grab juga berhasil mengurangi waktu perjalanan bagi para penumpang dengan menyediakan berbagai pilihan transportasi yang lebih nyaman.

Saat ini total perjalanan Grab mencapai hingga 2,5 juta setiap harinya menjadikannya platform ridehailing terbesar dan menjadi aplikasi pilihan yang paling banyak digunakan oleh para pengemudi dan penumpang di Asia Tenggara. Grab yang kini hadir di 55 kota di Asia Tenggara dengan aplikasi yang telah diunduh lebih dari 45 juta perangkat, tiga kali lipat dari jumlah unduhan pada Juni tahun lalu.

Grab membangun platform pengguna yang berfokus pada layanan transportasi dan pembayaran mobile sehari-hari, GrabPay, merupakan solusi pembayaran mobile yang paling krusial dimiliki Grab. Hasilnya melampaui pertumbuhan eksponensial yang dialami oleh bisnis transportasi. Basis pengguna GrabPay pun diproyeksikan akan berlipat ganda setiap kuartal sampai akhir 2017.

GrabPay Credits yang merupakan pilihan pembayaran non-tunai, telah tumbuh lebih dari 80% secara bulanan sejak diluncurkan bulan Desember 2016 lalu. Catatan ini menjadi bukti kepercayaan konsumen pada platform pembayaran Grab. Tak sekadar merayakan ulang tahun, Grab juga terus menginovasi bisnisnya dan mengumumkan GrabNow, sebuah layanan baru yang mendigitalkan street hailing.

GrabNow  tersedia pertama kalinya di Jakarta dimana penumpang dapat memanggil mitra pengemudi GrabBike di jalan, memesan perjalanan dengan mitra pengemudi yang sama sesegera mungkin, dan membayar melalui aplikasi Grab. Ini memungkinkan penumpang untuk menikmati dua hal terbaik sekaligus – memanggil dengan segera dan keuntungan dari platform Grab, termasuk standar keselamatan terbaik di kelasnya, tarif tetap di awal dan poin loyalitas GrabRewards. Grab juga akan memperluas telematika dan GrabChat (yang pertama dalam aplikasi ride-hailing) sebuah fitur pengiriman pesan untuk terus meningkatkan pengalaman pengguna.

Dari hasil laporan lima tahun mendorong Asia Tenggara maju bersama atau ‘Moving SEA Together’ menunjukkan bagaimana selama lima tahun terakhir Grab telah mendorong Asia Tenggara maju bersama membangun rekam jejak dalam memecahkan masalah lokal dan mengubah kehidupan para mitra pengemudi dan penumpang. Di antaranya dengan cara yang penuh makna seperti membuat perjalanan lebih mudah dan aman bagi penumpang, meningkatkan potensi penghasilan mitra pengemudi, dan mengembangkan jaringan transportasi yang lebih efisien.

Mulai hari ini aplikasi mitra pengemudi tidak hanya memantau kebut-kebutan, tapi juga sejumlah indikator perilaku berkendara aman seperti rem tangan, peningkatan kecepatan, serta berbelok secara tiba-tiba. Berkat penggabungan machine learning dan analytics predictive, telematika Grab akan mengidentifikasi perjalanan-perjalanan yang menunjukkan perilaku berkendara yang membahayakan dan memberikan mitra pengemudi laporan mingguan tentang nilai keselamatan mereka. Pengembangan program telematika tersebut telah diluncurkan di Singapura, dan secara progresif akan diluncurkan di negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara. (koes)