Ironman 70.3

Kastara.id, Jakarta – Ajang olahraga ‘manusia super’ Ironman 70.3 akan digelar di Pulau Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), 18-19 Agustus 2018 mendatang. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menjelaskan hal itu di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) (11/7).

Dalam kesempatan tersebut, Menpar Arief didampingi Bupati Bintan Apri Sujadi, CEO MetaSport Nathalie Marquet Group, General Manager PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) Abdul Wahab, Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk. dan Andy Wibowo atlet profesional Indonesia yang sudah beberapa kali mengikuti Ironman 70.3 Bintan. Menpar menjelaskan penyelenggaraan Ironman 70.3 di Bintan membawa dampak langsung pada peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang tahun ini menargetkan 17 juta wisman, di mana sekitar 3 juta wisman di antaranya diproyeksikan akan masuk melalui great Batam/Bintan.

Event sport tourism internasional seperti Ironman 70.3 Bintan, menurut Menpar memiliki dua dampak yaitu direct impact dan indirect impact. Direct impact yaitu kedatangan wisman sebagai peserta dan para suporternya yang akan membelanjakan dolarnya di Bintan. Sedangkan indirect impact berupa pemberitaan yang luas ke mancanegara atau sebagai media value. “Gencarnya pemberitaan itu semakin memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia,” jelasnya.

Menpar Arief Yahya mengapreasiasi penyelenggaraan Ironman 70.3 Bintan oleh MetaSport bekerja sama dengan Bintan Resort dan Pemkab Bintan yang tiap tahun pesertanya menunjukkan tren meningkat. Pada penyelenggaraan tahun 2016 diikuti 1.200 atlet dari 50 negara, sedangkan pada tahun ini mentargetkan 1.300 peserta (1.000 peserta Ironman 70.3 dan 300 Ironkids funrun) dengan 59% peserta dari Singapura, Australia (11%), Hongkong (4%), Malaysia, USA, Jepang masing-masing 2%, negara lain 10%, dan Indonesia 10%.

Menpar asal Banyuwangi ini menjelaskan, Bintan memiliki keunggulan berupa daya tarik alam seperti pantai berpasir putih, taman laut, dan hutan tropis yang dilengkapi fasilitas infrastruktur kelas dunia. Selain itu lokasinya yang dekat dengan Singapura, hanya 45 menit menggunakan kapal ferry, menjadikan Bintan sebagai salah satu destinasi wisata andalan pencetak wisman dalam mendukung target nasional tahun ini sebesar 17 juta wisman. “Pertumbuhan pariwisata Great Batam/Bintan dalam periode Januari-Mei 2018 sebesar 11,01%,” kata Menpar Arief.

Pemerintah sendiri telah menetapkan tiga destinasi unggulan yaitu Great Bali, Great Jakarta, dan Great Batam/Bintan. Secara nasional tiga destinasi utama ini memberikan kontribusi hingga 95% dari total kunjungan wisman ke Indonesia. Tahun lalu jumlah kunjungan wisman sebanyak 14,2 juta dengan rincian yang melalui Great Bali sebesar 45%, Great Jakarta 30%, dan Great Batam/Bintan 20%.

Bupati Bintan Apri Sujadi menambahkan, keberhasilan Bintan menjadi lokasi penyelenggaraan sport tourism internasional ini tidak lepas dari dukungan Kemenpar. “Penyelenggaraan event internasional sport tourism menjadi pencetak wisman sekaligus memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia,” katanya.

Ajang Ironman 70.3 Bintan tahun 2018, menurut CEO Metasport Nathalie Marquet Group, banyak menarik minat atlet pelbagai negara, termasuk para atlet dunia. Ironman 70.3 Bintan dijadikan ajang kualifikasi Ironman Dunia sebelum mencapai Ironman World Champion yang akan berlangsung di Nelson Mandela Bay, Afrika Selatan, 1-2 September 2018 mendatang.

Sedangkan General Manager PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) Abdul Wahab menguraikan, seperti pada penyelenggaraan tahun lalu kompetisi Ironman 2018 ini akan dipusatkan di Plaza Lagoi, sebagai pusat pengembangan pariwisata yang berada di Teluk Lagoi kawasan Bintan Resorts. Para atlet Ironman 70.3 akan memulai dengan berenang sejauh 1.2 mil (1.9 km) di air yang tenang dan jernih dengan pemandangan dasar laut yang indah. Dilanjutkan dengan bersepeda di jalanan Bintan yang mulus dan lebar sepanjang 56 mil (90 km) serta diakhiri lomba lari dalam 3 lap sepanjang 21 km.

Plaza Lagoi selain menjadi tempat expo, juga menjadi area berkumpulnya para atlet untuk melakukan pendaftaran ulang, mengambil goodie bags, menyaksikan instruksi pertandingan, dan berbelanja. Juga didukung expo  yang menjual berbagai peralatan triathlon serta produk dengan logo Ironman. Pengelola Bintan Resort juga menyediakan sarana dan prasarana permainan anak-anak. (hero)