Dani Pedrosa

Kastara.id, Sachsenring – Pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa secara resmi mengumumkan bahwa dirinya akan pensiun dari MotoGP pada akhir musim 2018 ini. Pedrosa akan digantikan oleh rekan senegaranya, Jorge Lorenzo, tahun depan di tim Repsol Honda.

Pedrosa lebih memilih untuk mengakhiri karir balap Grand Prix-nya di Valencia November mendatang dibandingkan harus membalap di tim satelit.

“Saya akan menyelesaikan karir MotoGP saya musim ini dan tak ada lagi balapan tahun depan. Ini merupakan keputusan yang sulit karena ini adalah olahraga yang saya sukai,” ujar Pedrosa di Sachsenring.

“Saya ingin mengungkapkan betapa beruntungnya saya memiliki kesempatan ini. Ini adalah kehidupan yang luar biasa untuk bisa menjadi tim yang penting dan di depan semua penggemar,” tambahnya.

Pedrosa mengakui dirinya telah mencapai lebih dari yang diharapkan dan sangat bangga dengan semua yang telah dijalani dalam olahraga ini. “Terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dan sekarang saatnya untuk memulai babak baru,” pungkas Pedrosa.

Pedrosa menjadi pebalap Honda sejak debut grand prix-nya di kelas 125cc pada musim 2001 silam. Setelah memenangkan gelar di kelas 125cc (2003) dan di kelas 250cc (2004, 2005), “Samurai Kecil” dari Spanyol itu naik kelas ke MotoGP bersama tim Repsol Honda pada tahun 2006 lalu.

Pedrosa telah mencetak 31 kali kemenangan bersama Honda menjadi pembalap paling sukses di Grand Prix tanpa gelar juara dunia. (yan)