Muhammadiyah

Kastara.ID, Jakarta – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengonfirmasi berdirinya perguruan tinggi Muhammadiyah di Malaysia. Hal ini setelah usulan pendirian Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM) mendapat persetujuan dari Kementerian Pengajian Tinggi (Kementerian Pendidikan Tinggi) Malaysia. Nantinya UMAM akan berada di bawah syarikat UCM Konsortium Sdn. Bhd.

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Ma’mun Murod melalui akun twitternya @mamunmurod_ (11/8) mengunggah surat yang dikeluarkan Ketua Pendaftar Institusi Pendidikan Tinggi Swasta Malaysia di Putrajaya. Surat tersebut diteken pada Kamis (5/8) yang menjadi pertanda UMAM resmi berdiri.

Dalam cuitannya, Ma’mun menuliskan Universiti Muhammadiyah Malaysia resmi berdiri. Ma’mun menyebut organisasi masyarakat yang didirikan KH Ahmad Dahlan 108 tahun lalu itu tidak pernah lelah menebar maslahat bagi masyarakat.

Sementara Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu’ti mengatakan, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir bersama sejumlah pengurus PP Muhammadiyah bertemu Menteri Pendidikan Malaysia Maszlee Malik di Kuala Lumpur pada Mei 2019.

Dalam pertemuan tersebut Maszlee menyebut baik dan bersedia membantu rencana pendirian Universitas Muhammadiyah Malaysia (UMAM) yang kampusnya berlokasi di kawasan Cyber Jaya, Selangor, Malaysia

Selain membahas rencana Universitas Muhammadiyah Malaysia (UMAM), Mu’ti menuturkan pertemuan juga membahas rencana kerja sama Muhammadiyah dengan Menteri Pendidikan Malaysia di bidang pendidikan. Maszlee tertarik mengirimkan pelajar Malaysia belajar di Fakultas Kedokteran di perguruan tinggi Muhammadiyah. (ant)