BJ Habibie

Kastara.ID, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama saudara kandungnya, Abdillah Rasyid Baswedan, dan ibunya, Aliyah Rasyid Baswedan, bertakziah sekaligus melaksanakan salat jenazah untuk almarhum Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie di rumah duka, Kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Sehari sebelumnya, Anies telah menyampaikan belasungkawa atas kepergian BJ Habibie setelah lebih dari sepekan dirawat intensif di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

“Baru saja saya bertakziah bersama ibunda, beliau datang langsung dari Yogyakarta. Kebetulan ibu dan Pak Habibie itu lama bekerja bersama dalam kegiatan beasiswa, di mana anak-anak mendapatkan biaya untuk sekolah dan kuliah. Kita semua berduka atas berpulangnya Pak Habibie,” ujar usai salat jenazah, dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Anies mengungkapkan, almarhum BJ Habibie bukan saja dikenal sebagai pembuka keran demokrasi melalui Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, tetapi juga merupakan sosok yang memikirkan masa depan bangsa Indonesia. Ribuan anak di Indonesia dapat mengecap dunia pendidikan melalui beasiswa yang dibuat oleh almarhum, termasuk berkuliah di berbagai universitas terkemuka dunia untuk mempelajari ilmu teknologi.

“Kita semua merasakan duka cita dan kita mendoakan agar pak Habibie dimuliakan derajatnya di sisi Allah, ditinggikan derajatnya, diterima semua amal ibadahnya, dan insya Allah terus menjadi teladan bagi kita. Amal jariyahnya lewat ilmu, lewat begitu banyak kegiatan yang beliau lakukan semasa hidupnya, Insya Allah akan menjadi pengalir pahala tanpa henti untuk almarhum di alam berikutnya,” ungkapnya.

Untuk mendukung proses ibadah salat jenazah maupun masyarakat yang ingin bertakziyah ke rumah duka, Pemprov DKI Jakarta membebaskan sementara kebijakan Ganjil Genap di tiga ruas jalan yakni, Jalan HR Rasuna Said, Jalan Gatot Soebroto, dan Jalan MT Haryono. Kebijakan Ganjil Genap di tiga ruas jalan tersebut akan kembali berlaku pada sore hari nanti.

“Tadi malam kita umumkan bahwa kawasan sekitar Rumah Duka. Ada tiga jalan, Jalan Rasuna Said, Jalan Gatot Soebroto, dan Jalan MT Haryono itu dibebaskan dari Ganjil Genap untuk pagi ini. Sehingga, warga bisa bertakziyah dengan mudah,” tandasnya. (hop)