MotoGP Andalusia 2020(motogp.com)

Kastara.ID, Valencia – Mimpi buruk kembali menghampiri paddock Yamaha MotoGP. Bintang utama mereka, Valentino Rossi kembali dinyatakan positif COVID-19.

Sebelumnya, Rossi terjangkit virus Corona dan harus absen di dua balapan di sirkuit Aragon, setelah itu ia berhasil mendapat tes negatif dan ikut dalam balapan MotoGP Eropa pekan lalu.

Menjalani tes untuk balapan Valencia akhir pekan ini, Rossi kembali mendapat hasil positif setelah tes medis untuk persiapan seri Valencia.

Seperti dirilis Autosport, keikutsertaan Rossi di GP Valencia akhir pekan ini diragukan setelah dinyatakan positif COVID-19 pada hari Selasa.

Dan Rossi harus menjalani tes lagi untuk memastikan dia akan absen dalam balapan akhir pekan ini.

Dengan seri final musim 2020 yang akan datang hanya dalam waktu seminggu di Portugal, Rossi kemungkinan besar akan melewatkan balapan terakhirnya sebagai pembalap tim pabrikan Yamaha.

Tes positif terbaru Rossi menimbulkan pertanyaan tentang tes PCR yang dia lewati minggu lalu, terutama pada hari Jumat sebelum diizinkan memasuki Sirkuit Ricardo Tormo, dan apakah dia masih positif tanpa disadari atau telah terinfeksi kembali sejak Sabtu.

Sementara para ilmuwan masih menemukan cara kerja virus, kasus infeksi ulang telah dilaporkan di seluruh dunia dalam beberapa bulan terakhir.

Sebelumnya, lima anggota Yamaha terpaksa dikarantina sejak akhir pekan lalu ketika salah satu kru pembalap Spanyol, Maverick Vinales dinyatakan positif COVID-19.

Menyusul sebelumnya enam anggota tim Yamaha yang dipaksa diisolasi menjelang GP Prancis ketika satu anggota dinyatakan positif terkena virus.

Sebelumnya Yamaha sudah memanggil pembalap asal Amerika, Garrett Gerloff sebagai cadangan di GP Eropa, dan ia akan tetap siap untuk mengambil alih jika Rossi dinyatakan positif sekali lagi untuk akhir pekan ini.

Namun, jika Rossi dinyatakan positif untuk kedua kalinya, maka akan ada lebih banyak anggota tim Yamaha yang mungkin terpaksa harus diisolasi. (tra)