Kapal Interceptor Wahana Nirawak

Kastara.ID, Depok – Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengunjungi Kali Cengkareng Drain untuk melihat teknologi penyaring sampah. Alat yang disebut Kapal Interceptor Wahana Nirawak ini merupakan hibah dari Pemerintah Belanda untuk DKI Jakarta.

“Kapal Interceptor Wahana Nirawak merupakan alat penyedot sampah untuk menghalau sampah dari Kali Cengkareng Drain ke arah Pantai Indah Kapuk,” ujarnya, di sela kunjungan Kali Cengkareng Drain Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok (121).

Dikatakannya, alat ini sangat efektif membersihkan sampah pada permukaan sungai. Dengan begitu, pekerjaan Satgas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menjadi lebih mudah.

“Kami berharap, Pemerintah Kota (Pemkot) bisa maksimal dalam penanganan sampah. Kami juga berpesan kepada masyarakat di Kota Depok untuk tidak membuang sampah ke sungai maupun membuang sampah sembarangan,” terangnya.

Sementara Kepala Unit Pengelola Kebersihan Badan Air DLH Provinsi DKI Jakarta Yayat Supriatna mengatakan, kali tersebut memiliki empat titik penjaring sampah. Salah satunya menggunakan Kapal Interceptor Wahana Nirawak.

“Kali ini memiliki penjaring sampah di empat titik. Kami pilih titik ini untuk penempatan alat penjaring sampah karena kali lebar dan airnya stabil. Mudah-mudahan ke depan ada lagi bantuan serupa dan bisa merambah ke daerah sekitar,” tutupnya. (dha)