Kastara.ID, Jakarta – Berbagai upaya terus dilakukan PMI Jakarta Selatan untuk mengantisipasi kekurangan stok darah akibat lonjakan kasus COVID-19, belakangan ini.

Ketua PMI Jakarta Selatan, Abdul Haris mengatakan, pihaknya selalu bersiaga untuk pemenuhan stok kantong darah yang dibutuhkan oleh warga.

“Untuk itu, kami melakukan langkah antisipasi dengan menggelar road show pengambilan donor darah ke kantor kecamatan,” ujar Abdul Haris, Ahad (13/2).

Menurutnya, road show pengambilan donor darah telah berjalan sejak tanggal 3 Februari 2022 dan berhasil mengumpulkan sebanyak 100 kantong darah.

“Pengambilan donor akan dilanjutkan pekan depan termasuk berkolaborasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) yang memiliki tenaga oganik PJLP di antaranya Sudin Bina Marga, Sudin Lingkungan Hidup, Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan.

Ia menjelaskan, PMI Jakarta Selatan melayani pemenuhan stok darah untuk layanan rumah sakit umum daerah dan dengan kisaran 56 kantong darah setiap hari.

“Kami melayani kebutuhan rumah sakit umum daerah dan swasta lainnya seperti RS Pondok Indah dan Pertamina yang juga meminta pasokan stok kantong darah ke PMI Jakarta Selatan. Stok seluruh golongan darah masih aman, walaupun kondisi saat ini lampu kuning,” jelasnya.

Ditambahkan Abdul Haris, road show pengambilan donor darah ke kantor kecamatan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat pada masa PPKM Level 3 di DKI Jakarta.

“Tim yang bertugas melakukan pengambilan donor darah serta pegawai yang mendonor terlebih dahulu diperiksa kesehatan, wajib memakai masker, menjaga jarak dan antisipasi lain agar tidak terjadi kerumunan di lokasi pengambilan darah,” tandasnya. (hop)