Kastara.ID, Jakarta – Federasi Otomotf Internasional (FIA) memutuskan seri pertama balap Formula 1 musim 2020 di sirkuit Albert Park, Australia, dibatalkan. Balapan yang semula dijadwalkan akan digelar pada 13-15 Maret 2020 tersebut batal setelah seorang pembalap tim McLaren Racing dinyatakan positif terjangkit virus corona. Akibatnya tim berjuluk Silver Arrow itu secara resmi menarik diri dari Grand Prix F1 Australia.

Dalam pernyataan resmi pada Jumat (13/3), FIA dan Formula 1 menyatakan telah bertemu dengan sembilan prinsipal tim peserta balapan. Mayoritas peserta sepakat menyatakan balapan jet darat tidak bisa dilanjutkan. Pihak Australian Grand Prix Corporation (AGCP) juga menyepakati pembatalan tersebut.

Belum diketahui kapan jadwal balapan di Albert Park akan dilaksanakan. Pihak F1 hanya meminta para pecinta balap dan penonton memaklumi pembatalan tersebut. FIA menyadari ribuan penggemar dan penonton sangat kecewa. Namun keputusan ini terpaksa dilakukan demi keamanan dan keselamatan semua pihak yang terkait dengan Formula 1. Bagi pemegang tiket, pihak penyelenggara F1 GP Australia menyatakan bisa direfund secara penuh.

Selain balap F1 GP Australia, Olimpiade Tokyo 2020 kemungkinan juga ditunda. Seperti dilansir dari Antara, Anggota Dewan Eksekutif Olimpiade Tokyo 2020, Takahashi, Rabu (11/3) lalu menyatakan, pesta olahraga multievent terbesar di dunia itu ditunda hingga 2022. Hal ini setelah Dewan Eksekutif Olimpiade mencermati perkembangan penyebaran virus corona.

Takahashi menambahkan, penyelenggara berusaha agar Olimpiade Tokyo tetap diselenggarakan pada tahun ini. Namun kekhawatiran pihak sponsor terhadap penyebaran virus corona ikut mempengaruhi keputusan panitia. Takahashi menyebut ada pula usulan agar Olimpiade digelar tanpa penonton. Namun jika dilaksanakan, hal itu dipastikan menimbulkan kerugian yang cukup besar.

Untuk itu menurut Takahashi, saat ini Dewan Eksekutif Olimpiade terus berusaha menemukan solusi terbaik. (tra)