Vega Eda Pratama

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 20 pembalap telah dikonfirmasi MotoGP akan tampil dalam parade di Jakarta, Indonesia, Rabu (16/3) mendatang menjelang MotoGP Mandalika 2022.

Parade ini menjadi semacam sambutan kembalinya Indonesia menjadi tuan rumah balap motor Grand Prix, setelah 25 tahun lamanya.

Indonesia pertama kali menggelar balapan Grand Prix selama dua musim, yakni pada tahun 1996 dan 1997 di Sirkuit Sentul, Jawa Barat.

Kini pada 2022 Indonesia kembali menjadi tuan rumah di Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

20 pembalap tersebut terdiri dari 16 pembalap dari kelas MotoGP, dua pembalap dari kelas Moto2, dan dua pembalap asal Indonesia yang berlaga di kelas Moto3 dan kejuaraan Idemitsu Asia Talent Cup.

Dua pembalap Moto2 adalah pembalap dari tim Pertamina Mandalia SAG, yakni Bo Bendsneyder asal Belanda dan rookie Garbiel Rodrigo kelahiran Argentina.

Dua pembalap Indonesia yang dimaksud adalah Mario Aji (Moto3) dan Vega Eda Pratama (IATC).

Tidak semua pembalap MotoGP akan tampil, setidaknya ada 16 orang yang dikonfirmasi ikut serta dengan sisa delapan orang dipastikan tak ikut.

Mereka yang tak ikut adalah Fabio Quartararo, Franco Morbidelli, Aleix Espargaro, Maverick Vinales, Remy Gardner, Raul Fernandez, Brad Binder, dan Miguel Oliveira.

Setelah parade, pembalap akan langsung menuju Lombok untuk menjalani akhir pekan MotoGP seri kedua.

Aksi balapan di Mandalika akan berlangsung selama tiga hari, hari pertama (Jumat, 18 Maret) sesi Latihan Bebas, hari kedua (Sabtu, 19 Maret) sesi Kualifikasi, dan puncaknya pada hari ketiga (Ahad, 20 Maret) hari balapan. (tra)