Rapid Test

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta kembali melakukan rapid test COVID-19 massal di kampung maupun permukiman padat penduduk yang tersebar di 30 kelurahan mulai 11-31 Mei 2020. Targetnya, di setiap kelurahan dilakukan rapid test terhadap 200 warga.

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ngabila Salama mengatakan, sasaran rapid test COVID-19 adalah kelompok rentan diutamakan bagi lansia, kontak erat pasien positif, ibu hamil, orang dengan hipertensi dan diabetes melitus. Selain itu, rapid test juga menyasar remaja potensi positif tapi tanpa gejala dengan rentang usia 20 sampai 40 tahun.

“Kami lakukan pengambilan sampel darah melalui vena di lipatan siku untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Jika ada yang batuk pilek kami arahkan swab juga,” ujarnya, Rabu (13/5).

Ngabila menjelaskan, apabila ditemukan warga dengan hasil rapid test positif maka akan langsung dilakukan swab dan dirujuk ke Wisma Atlet Kemayoran maupun rumah sakit yang menangani COVID-19. Sambil menunggu dirujuk warga tersebut dapat diisolasi sementara di shelter yang sudah disediakan.

“Setiap kabupaten dan kota sudah menyiapkan shelter seperti di GOR atau fasilitas lain untuk jadi tempat isolasi bagi Orang Tanpa Gejala dan Orang Dalam Pemantauan dengan gejala ringan sebelum proses rujukan,” terangnya.

Menurutnya, saat ini ada kemungkinan pergeseran kasus COVID-19 dari awalnya kelompok ekonomi tinggi ke kelompok ekonomi rendah sehubungan dengan tingginya kasus di kelurahan padat penduduk.

“Angka kunjungan di rumah sakit relatif berkurang, kami mengkhawatirkan masih banyak orang tanpa gejala (OTG) dengan mobilitas tinggi karena alasan pekerjaan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Dinkes juga melihat adanya hotspot atau daerah-daerah zona merah yang merupakan tempat-tempat padat penduduk seperti di Kebon Kacang, Penjaringan, Pademangan Barat, dan beberapa perkampungan di DKI Jakarta.

“Itu dasar kami untuk melakukan tes massal COVID-19 ke kampung atau RW itu,” tandasnya. (hop)