Kastara.ID, Le Mans — Pembalap asal Portugal, Miguel Oliveira harus absen akhir pekan ini, melewatkan MotoGP Prancis karena mengalami cedera pada humerusnya.

Oliveira terjatuh dalam kecelakaan yang disebabkan pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, dalam balapan MotoGP Spanyol beberapa waktu yang lalu.

Tim Aprilia RNF kemudian mengumumkan pembalap Italia, Lorenzo Savadori sebagai pengganti sementara.

Rencananya test rider Aprilia itu akan turun dengan pembalap Spanyol, Raul Fernandez di Le Mans akhir pekan ini.

Sayangnya, setelah melakukan tiga lap di sesi Latihan 1, Raul terpaksa mundur karena dinyatakan tidak fit.

Raul sendiri baru melakukan operasi arm-pump, seharusnya masih dalam proses pemulihan dan sekarang dia telah resmi mundur.

Karena itu, tim Malaysia, RNF, akan membalap di Prancis tahun ini tanpa pembalap asli mereka. Savadori (penguji Aprilia) akan turun sebagai cadangan.

“Dia mencoba membalap, tapi setelah hanya tiga lap, Fernandez harus memahami bahwa kondisi lengan kanannya tidak memungkinkannya untuk berkendara seperti yang diinginkannya,” papar rilis Aprilia RNF yang dilansir Crash.net.

“Saya tidak bisa menghentikan motornya. Saya tidak bisa merasakan tangan kanan saya. Saya pergi ke dokter untuk melihat apa yang bisa kami lakukan karena tidak mungkin balapan di MotoGP seperti ini. Tidak mungkin,” jelas Raul.

Awalnya Raul menuju Prancis dengan sangat optimis bisa membalap.vNamun sayangnya, Raul dan Oliveira harus melewatkan GP ke-1000 dalam sejarah balapn motor Grand Prix. (tra)