Kelurahan Pondok Kelapa

Kastara.ID, Jakarta – Mobil dinas lurah Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, sejak sebulan lalu fungsinya diubah menjadi ambulans pengangkut jenazah COVID-19.

Lurah Pondok Kelapa, Siska Leonita mengatakan, hal ini dilakukan untuk menangani tingginya kasus COVID 19. Dalam sepekan ini, katanya, sudah sembilan jenazah COVID yang meninggal dunia di rumah dievakuasi ke sejumlah tempat pemakaman umum (TPU) menggunakan ambulans mobil dinasnya.

“Sudah sebulan mobil dinas kita jadikan ambulans jenazah COVID. Karena kemarin banyak warga kesulitan untuk membawa jenazah COVID yang meninggal dunia di rumahnya. Terutama pada malam hari. Makanya kita inisiatif ubah mobil dinas jadi ambulans,” papar Siska (12/7).

Selain menyulap mobil dinas menjadi ambulans, jelas Siska, pihaknya juga membentuk tim pemulasaraan jenazah COVID-19.

Tim pemulasaraan kelurahan saat ini ada dua dan masing-masing tim beranggotakan tiga personel. Mereka berasal dari unsur PPSU, tokoh masyarakat, FKDM dan karang taruna yang telah mendapatkan pelatihan khusus dari Puskesmas Kecamatan Duren Sawit.

“Warga yang membutuhkan bantuan ambulans dan tim pemulasaraan, bisa langsung menghubungi pihak RT atau RW. Bantinya akan diteruskan ke Satgas COVID Kelurahan Pondok Kelapa,” pungkas Siska. (hop)