Mobil Pusling

Kastara.ID, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mendapatkan hibah satu unit mobil perpustakaan keliling (pusling) dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) untuk meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat. Saat ini, mobil pusling yang dimiliki Pemkot Depok sebanyak lima unit.

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono menuturkan, bantuan tersebut merupakan permintaan Wali Kota Depok Mohammad Idris melalui surat ke Perpusnas. Oleh sebab itu, dirinya mewakili Pemkot Depok menerima langsung hibah mobil pusling tersebut.

“Alhamdulillah, kami mendapatkan satu mobil pusling yang isinya bermacam-macam, termasuk buku. Insya Allah akan dimanfaatkan untuk menyambangi warga Depok,” tutur Imam seperti diwartakan situs resmi Pemkot Depok (12/9).

Dikatakannya, bantuan ini, diharapkan bisa bermanfaat bagi warga Kota Depok yang ingin menambah khazanah ilmu pengetahuan buku-buku yang disediakan. Dengan begitu akan menambah semangat berliterasi.

“Warga dapat membaca dimana saja saat dikunjungi oleh mobil pusling,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Diskarpus) Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah mengatakan, saat ini terdapat lima unit mobil Pusling yang dimiliki oleh Kota Depok. Meski begitu, akibat pandemi Covid-19, fungsi mobil tersebut masih belum dimaksimalkan.

“Mobil masih beroperasi. Tapi sekarang karena masih pandemi, mobil pusling belum melayani untuk perpustakaannya. Namun bergerak ke sekolah untuk pembinaan perpustakaan sekolah,” pungkasnya. (dha)