Freddy Romeo

Kastara.ID, Depok – Freddy Romeo (53), biasa dipanggil Gondrong, seorang pedagang barang antik yang biasa ditemui lapaknya di Jalan Bangau Raya, Depok, kebanyakan konsumennya adalah kaum manusia usia lanjut (manula) di atas usia 50-an.

Memang sosok Freddy menjual barang yang agak keliatannya antik dikumpulkan yang nantinya akan dijual kembali. Seperti kacamata, batu akik, tas, dan kaset lagu-lagu tahun 80-an.

“Banyak konsumen berebut membeli barang di lapaknya, bahkan ada yang sekedar melihat-lihat tanpa menawar, sementara ada juga mencari-cari barang yang diminatinya,” kata Freddy.

Soal penghasilan, kadang naik turun, tidak menentu. Namanya juga jualan barang bekas. “Tapi soal kekuatan boleh dicoba dengan barang yang lain,” tuturnya.

Ditanya kenapa suka jenis jam yang antik, sebab kualitas jam yang ditemuinya cukup bagus. “Jarang rusak,” jawabnya singkat.

“Tips untuk membeli barang-barang bekas dengan kualitas bagus harus teliti, jangan ikuti kemauan emosi karena bisa-bisa kita kejeblos,” imbuhnya.

“Harus pelan-pelan dilihatnya, diraba, kalau perlu kita tarik-tarik barangnya biat kagak jebol,” kata Freddy.

“Alhamdulilah, soal keuntungan hasil dagang barang bekas bisa menghidupi anak dan bini di rumah. Satu lagi, kalau kita usaha barang bekas jangan malu-malu, apa adanya kita tawarin kepada konsumen. Jangan pernah berbohong, karena sekali orang tidak percaya, selamanya kita ditinggal konsumen,” pungkasnya.

Hasan (65), pelanggan setia Freddy, hampir tiap Ahad pagi pasti ke lapaknya untuk mencari jam mungkin ada yang baru dilihatnya. Karena menurut Hasan, jam ini antik tidak ada di pasaran. “Makanya saya siap beli walaupun harganya bisa ditawar. Saya sudah mempunyai 60 jenis jam dari lapak ini yang saya beli,” katanya. (*)