Kastara.ID, Jakarta – Serangan penembakan terjadi di Masjid Agung Salmossi, Burkina Faso, negara di Afrika Barat pada Jumat (11/10) lalu, menewaskan 16 orang.

Berdasarkan keterangan sumber keamanan dan pejabat setempat yang mengatakan bahwa beberapa orang bersenjata memasuki masjid di desa Salmossi wilayah Oudalan, Burkina Fasso yang berbatasan dengan Mali, kemudian melepaskan serentetan tembakan ke orang-orang yang sedang menunaikan shalat Jumat.

Seperti dilansir dari AFP, Sabtu (12/10), dilaporkan bahwa penembakan ini menyebabkan 13 orang langsung tewas di tempat, sementara 3 orang lagi tewas kemudian karena terluka parah.

Kelompok-kelompok yang memiliki kaitan dengan ISIS dan al-Qaeda melakukan pemberontakan telah melintas ke Burkina Faso tahun ini dari Mali negara tetangganya. Hal ini memicu ketegangan etnis dan agama, terutama di wilayah utara.

Serangan-serangan kelompok bersenjata ini telah menghancurkan ketenangan relatif di Burkina Faso yang sampai tahun ini sebagian besar telah terhindar dari jenis kekerasan. (yan)