Wantimpres

Kastara.ID, Jakarta – Putri Kuswisnuwardhani, salah satu dari sembilan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (13/12).

Putri merupakan anak pendiri Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo. Ia mendapat tongkat kepemimpinan dan menjabat sebagai direktur utama PT Mustika Ratu Tbk pada 2011 lalu. Kini Putri menjabat sebagai komisaris utama PT Mustika Ratu Tbk. Ia diangkat dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Luar Biasa pada Juni 2019.

Berdasarkan informasi resmi dari laman Mustika Ratu, wanita kelahiran 20 September 1959 itu berinovasi dengan meluncurkan merek yang khusus ditujukan untuk remaja putri dan segmen milenial Indonesia.

Secara pendidikan, Putri meraih gelar Master of Business Administration dari National University, Inglewood, California, Amerika Serikat, pada 1990 silam. Ia juga masih memiliki garis keturunan keluarga Kasunanan Surakarta.

Meski Putri merupakan anak dari perintis Mustika Ratu, ia memulai karir secara berjenjang dan mendapat pengalaman dari level bawah. Mulai dari kepala Departemen Promosi dan Periklanan pada 1986. Kemudian menjadi manajer keuangan pada 1988. Dilanjutkan menjadi wakil presiden direktur sejak 1991.

Diketahui, selain menjadi bos di perusahaan kosmetik, ia juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia (YPI).

Putri sempat membawa rombongan Puteri Indonesia 2019 bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, 11 Maret 2019. Ketika itu, Putri mengatakan para Puteri Indonesia terpilih perlu membantu kepala negara untuk memerangi hoaks. (ant)