Barcelona

Kastara,ID, Jakarta – Pelatih Barcelona Ernesto Valverde akhirnya resmi dipecat  dari jabatannya. Barcelona menunjuk Quique Setien sebagai juru taktik terbaru Lionel Messi dkk.

Barcelona mengumumkan pemecatan Valverde ini melalui situs resmi Barcelona, Selasa (14/1). Barcelona dan Valverde sepakat memutuskan kontrak yang seharusnya berakhir di musim 2020/2021.

Seperti dikutip dari laman resmi klub, Barcelona memberi pernyataan bahwa klub dan Ernesto Valverde telah mencapai kesepakatan mengakhiri kontrak yang menyatukan kedua belah pihak. Klub secara terbuka menyatakan terima kasih kepada Ernesto Valverde atas profesionalisme, komitmen, dedikasinya, dan perlakuan positif yang selalu diberikannya terhadap semua yang membentuk keluarga Barca. Klub juga berharap Valverde dapat beruntung di masa depan.

Di bawah asuhan Valverde sejak 2017, Barcelona total mendapatkan empat trofi domestik, yakni dua titel Liga Spanyol, satu gelar Copa Del Rey, dan satu Piala Super Spanyol.

Tapi bagi klub sebesar Barcelona, capaian Valverde ini dianggap gagal, karena tidak mempersembahkan trofi Liga Champions. Tak hanya itu, Barcelona bahkan harus tersingkir secara memalukan oleh AS Roma pada 2018, serta Liverpool di tahun berikutnya.

Barcelona juga langsung mengumumkan pengganti Valverde, tak lama setelah pemutusan kontrak. Barcelona mengumumkan Quique Setien sebagai pelatih baru La Blaugrana.

Quique Setien (61 tahun) merupakan pelatih yang cukup berpengalaman menangani beberapa klub di Spanyol, di mana klub terakhir yang ia besut adalah Real Betis pada 2017 hingga 2019. (tra)