Expo 2020 Dubai

Kastara.ID, Jakarta – Provinsi DKI Jakarta menampilkan peragaan busana dari desainer Ai Syarif dan Novita Yunus pada hari kedua Expo 2020 Dubai. Bertempat di Paviliun Indonesia, para model sukses mempesona mata para pengunjung dengan tampilan busana khas Indonesia yang penuh nilai budaya, namun tetap fashionable.

Kedua desainer ini kembali membawa karakter busana Indonesia ke level dunia dengan desain batik modern yang mudah dinikmati para pengunjung. Hadirnya peragaan busana dari Provinsi DKI Jakarta di Expo 2020 Dubai dianggap menjadi media penting bagi para desainer untuk memamerkan karya terbaik mereka di depan pengunjung dari seluruh dunia.

Ai Syarif mengatakan, menampilkan karya di Expo Dubai 2020 menjadi pengalaman berbeda dari peragaan busana lainnya. Karena pengunjung yang berbeda karakter dan budaya akan sangat memberikan inspirasi bagi para desainer untuk kembali menciptakan karya terbaru mereka.

“Di sini kita bisa belajar dari seluruh dunia. Menarik sekali kita bisa belajar dan inspirasi ini bisa datang dari mana saja. Ini membuat wawasan saya makin terbuka bahwa kultur dari berbagai negara menjadi inspirasi yang luar biasa,” ungkapnya, Senin (14/3).

Ia menjelaskan, hadirnya peragaan busana sebagai salah satu keterwakilan penampil dalam suatu pameran besar akan sangat menstimulasi para perancang busana untuk terus berkarya. Para desainer akan kembali menampilkan karya terbaiknya pada 17 Maret 2022 mendatang sekaligus menutup rangkaian penampilan Provinsi DKI Jakarta di gelaran Expo 2020 Dubai.

“Seorang desainer itu bukan hanya punya talenta, tapi juga komitmen di bidangnya itu. Karena kalau nanti ketemu buyer, kita harus sudah siap,” kata Ai Syarif.

Bukan hanya busana, sambung Ai, langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menghadirkan produk-produk UMKM Jakpreneur di Expo 2020 Dubai juga mendapat respons sangat positif dari para pengunjung. Produk UMKM Jakpreneur yang terdiri dari kuliner khas Betawi, aksesoris (kriya), dan produk fesyen menjadi primadona.

“Banyaknya pengunjung dari berbagai negara yang bukan hanya menyempatkan diri menyaksikan keunikan dan kekhasan produk UMKM DKI Jakarta, tapi bertanya dan ingin tahu lebih jauh,” tuturnya.

Nellywati, salah satu Jakpreneur yang ikut serta dalam Expo 2020 Dubai mengaku sangat bangga mampu menampilkan minuman khas Betawi bir pletok kepada para pengunjung dari berbagai negara.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemprov DKI Jakarta yang benar-benar berkomitmen akan kemajuan UMKM di Jakarta dan sudah membawa utusan dari Jakpreneur bisa tampil di panggung dunia.

“Luar biasa antusiasnya dari beberapa negara yang melihat produk kami,” jelasnya.

Menurut Nelly, tidak hanya terkait informasi produk, para pengunjung juga sangat antusias menanyakan harga dan tempat bisa membeli produk UMKM DKI Jakarta. Melihat tingginya respon positif dari pengunjung menjadi bukti nyata komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam membina dan memajukan UMKM Indonesia, khususnya Jakarta.

“Jadi memang ini kami tunggu dan nantikan. Inilah wujud nyata dari pemasaran yang diberikan Pemprov DKI dari pemasaran lokal hingga go international,” ungkap Nelly.

Perlu diketahui, Produk UMKM DKI Jakarta akan terus mengisi Roll Exhibition Expo 2020 Dubai di Paviliun Indonesia dari 11-17 Maret 2022 mendatang. (hop)