ASDP

Kastara.ID, Jakarta – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, 32 kapal di Pelabuhan Bakauheni, Lampung siap dioperasikan. Nantinya bakal ada kapal pelayaran ekspres dan kapal pelayaran reguler.

“Untuk kesiapan armada dalam periode angkutan Lebaran 2022 telah disiapkan 32 unit kapal yang siap beroperasi,” terang GM PT ASDP Cabang Bakauheni, Suharto, Kamis (14/4).

Lebih jauh, ia mengatakan, 32 kapal yang siap beroperasi selama periode mudik Lebaran 2022 itu terdiri atas empat unit kapal pelayaran ekspres dan 28 unit kapal pelayaran reguler.

“Keseluruhan kapal reguler ada 70 unit. Sedangkan kapal ekspres ada enam unit. Tetapi, memang untuk ekspres yang dioperasikan per hari hanya empat unit untuk menjaga stabilitas operasional,” jelasnya.

Masih dari keterangannya, pihaknya mengantisipasi adanya peningkatan permintaan akan penyeberangan melalui kapal laut pada arus mudik, maka pihaknya siap menambah armada kapal.

“Kita lihat dahulu jumlah permintaan akan kapal, kalau tinggi akan ditambah ini dilakukan untuk mengurangi lonjakan penumpang di pelabuhan,” tuturnya menambahkan.

Menurutnya, saat ini jumlah keberangkatan maupun kepulangan penumpang di pelabuhan belum cukup tinggi, yang mana dalam satu hari ada 1.000 sampai 1.500 penumpang. (ant)