Encep Hidayat

Kastara.ID, Depok – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok mengadakan pelatihan pengelolaan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) di sekolah (11/4). Kegiatan tersebut bertujuan untuk optimalisasi ZIS yang ada di sekolah di bawah lingkup Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok.

“Sebagaimana disampaikan oleh Kadisdik, Pak Wijayanto, bahwa tenaga pendidik dan kependidikan yang ada di Dinas Pendidikan mencapai 3.500 orang, pasti potensinya besar. Tadi dihitung kira-kira potensi zakatnya mencapai Rp 500 Juta per bulan,” ujar Ketua Baznas Kota Depok Encep Hidayat seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok (13/4).

Dengan potensi yang besar tersebut, imbuhnya, harus dilakukan sosialisasi dan bimbingan teknik (Bimtek), terutama kepada Unit Pengumpul Zalat (UPZ) yang ada di lingkungan Disdik. Termasuk kepada UPZ yang ada di sekolah-sekolah.

“Bagaimana UPZ yang ada di sekolah di tingkatkan kinerjanya,” ungkapnya.

Encep mengatakan, lima program utama Baznas Kota Depok selalu dikerjasamakan dengan berbagai pihak, termasuk dengan Disdik Kota Depok. Kelima program tersebut yakni, Depok Cerdas, Depok Peduli, Depok Sehat, Depok Sejahtera dan Depok Taqwa.

“Hanya mungkin fokusnya lebih terkait dengan Depok Cerdas, sebab programnya fokus untuk pendidikan. Kita selama lima tahun kurang lebih sudah di atas Rp 2 miliar bantuan diberikan kepada masyarakat Depok yang punya masalah dengan pendidikan anaknya,” jelasnya.

“Karena itu harapannya dengan ada sosialisasi dan bimtek ini, ada peningkatan pengumpulan ZIS khususnya di lingkungan Disdik,” tandasnya. (dha)