Biawak

Kastara.ID, Depok – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok berhasil mengamankan seekor biawak yang masuk ke pemukiman warga di Jalan Flamboyan Blok F No 21, Kelurahan Cinere, Kecamatan Cinere, kemarin (13/7). Empat personel dari Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Damkar Cinere diterjunkan untuk mengevakuasi hewan liar tersebut.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos mengatakan, pihaknya menerima laporan pukul 13.37 WIB. Pihaknya langsung bergerak cepat ke lokasi guna melakukan evakuasi.

“Tidak membutuhkan waktu yang lama petugas bisa mengamankan hewan tersebut. Sementara ditampung di UPTD Damkar Cinere,” tuturnya yang dimuat situs resmi Pemkot Depok, Kamis (14/7).

Welman mengatakan, biawak yang dievakuasi memiliki panjang kurang lebih 1,5 meter. Hewan tersebut ditangkap di halaman rumah dengan menggunakan alat capit.

Dirinya pun berpesan kepada warga, jika melihat hewan liar yang masuk ke rumah  segera menghubungi Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112. Atau melalui nomor UPT Damkar setempat.

“Jika tidak memiliki keahlian jangan mencoba menangkap sendiri karena bisa membahayakan,” tutupnya. (dha)