Depok

Kastara.ID. Depok – Upaya meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten  Bangka Selatan menyambangi Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk melakukan study banding. Kunjungan Kerja (Kunker) ini juga bertujuan melihat teknologi yang dikembangkan dalam urusan PPID.

“Pemkab Bangka Selatan baru berdiri 19 tahun sejak 2003, hasil dari pemekaran. Maka dari itu, perlu adanya pengembangan kapasitas SDM, untuk melakukan perbaikan pelayanan, khususnya di bidang informasi,” ujar Wakil Ketua I DPRD Bangka Bangka Selatan, Muzani Abdullah, usai melakukan Kunker di Diskominfo Kota Depok, sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok, Kamis (14/7).

Dikatakannya, pelayanan PPID yang baik dan terstruktur di Kota Depok serta beberapa penghargaan yang telah diraih, menjadi salah satu alasan pihaknya memilih Kota Depok sebagai lokasi study banding. Dirinya berharap, kunjungan ini, bisa menjadi masukan dalam pembenahan struktur dan pelayanan PPID di Kabupaten Bangka Selatan.

“Banyak sekali yang akan kami aplikasikan setelah kunjungan ini, utamanya masalah pelayanan publik untuk kepuasan masyarakat itu sendiri. Seperti layanan pengaduan misalnya. Di Kota Depok kami perhatikan sudah sangat transparan, apalagi didukung dengan aplikasi, jadi lebih optimal,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Sekretaris Diskominfo Kota Depok, Nurlaelah memaparkan fungsi dan peran PPID di Kota Depok secara global. Pihaknya juga tidak sungkan untuk menjawab semua pertanyaan yang dilayangkan rombongan peserta Kunker.

“Mudah-mudahan apa yang kita sampaikan bisa diserap oleh rombongan dan bisa segera diaplikasikan. Pada dasarnya, kami siap membantu demi kemajuan bersama,” pungkasnya. (dha)