Jalan Ridwan Rais

Kastara.ID, Depok – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok melakukan normalisasi saluran di Jalan Ridwan Rais, Kecamatan Beji. Normalisasi dilakukan dengan menurunkan alat bantu kerja berupa katrol untuk mengangkat box culvert.

“Upaya ini dilakukan agar fungsi saluran bisa lebih maksimal sehingga dapat mencegah banjir saat musim penghujan. Karena saluran ini sudah penuh akibat tumpukan sedimen lumpur dan sampah,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty, seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok, Kamis (14/7).

Dikatakannya, pengerjaan mulai dilakukan sejak kemarin (13/7) dan masih berlanjut sampai batas waktu yang belum ditentukan. Pihaknya juga mengirimkan dua regu Satuan Tugas (Satgas) yang terdiri dari 20 orang serta dua unit truk untuk pengangkutan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung.

“Sudah dikerjakan sejak kemarin. Rencananya masih terus berlanjut dan tidak ada target,” ungkapnya.

Citra berharap, upaya ini bisa mencegah terjadinya banjir, terutama saat musim hujan. Dia juga meminta warga untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Kebersihan harus dijaga bersama. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tidak bisa bekerja sendiri. Mudah-mudahan upaya normalisasi ini bisa memaksimalkan fungsi saluran seperti sedia kala,” tutupnya. (dha)