OTT KPK

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menegaskan, proses penyelidikan kasus jual beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag) jalan terus. Saut mengatakan, pihaknya terus mengembangkan kasus tersebut, termasuk dugaan keterlibatan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin.

Saat berbicara pada Gedung KPK pada Rabu (14/8), Saut menyatakan KPK tengah mengumpulkan bukti-bukti termasuk fakta-fakta persidangan. Meski demikian Saut tidak menjelaskan secara rinci apa saja bukti-bukti yang telah dikantongi KPK. Saut menambahkan pihak menunggu nantinya jaksa bakal melaporkan temuan-temuan yang muncul di persidangan.

Hal serupa juga diungkapkan Wakil Ketua KPK Laode M Syarif yang menyebut adanya aliran sejumlah uang diterma oleh Lukman. Hal inilah yang kini tengah didalami dan dikembangkan KPK. Namun Laode enggan menyebutkan hasil penyelidikan keterlibatan Menteri Agama.

Sebelumnya pada persidangan kasus jual beli jabatan di Kemenang dengan terdakwa Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Muhammad Muafaq Wirahadi, terungkap fakta Lukman menerima sejumlah uang. Hal ini menjadi salah satu pintu mengungkap keterlibatan Lukman dalam kasus jual beli jabatan di Kemenag.

Penyidik KPK juga pernah menyita sejumlah uang di ruang kerja Lukman. Namun politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini berkali-kali membantah menerima uang suap dan terlibat dalam jual beli jabatan. Kasus ini juga menyeret mantan Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy atau Romi. (rya)