Baliho

Kastara.ID, Jakarta – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah dikabarkan telah membongkar sejumlah baliho bergambar Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Hal itu diketahui dari foto yang diunggah pemilik akun @IbnuTasrip (12/8).

Terdapat empat foto yang semuanya memperlihatkan Satpol PP sedang membongkar baliho berukuan besar yang dipasang di pinggir jalan dan area persawahan. Dalam unggahannya pemilik akun menuliskan komentar, “Gara-gara Satpol PP Sukoharjo, nggak jadi mengepakkan sayap kebhinnekaan.”

Namun kabar pembongkaran tersebut dibantah Kepala Satpol PP Kabupaten Sukoharjo, Heru Indarjo. Saat memberikan keterangan (13/8), Heru menegaskan saat ini tidak ada kegiatan pembongkaran baliho bergambar Ketua DPR RI itu. Terkait foto yang beredar di media sosial (medsos), Heru menduga itu adalah foto lama.

Kemungkinan menurutnya itu foto kegiatan bulan Juni 2021. Saat itu memang ada penertiban atribut partai politik (parpol) yang dipasang di white arena atau lokasi larangan. Heru menjelaskan, saat itu pihaknya menertibkan baliho-baliho parpol di wilayah Solo Baru, Kecamatan Grogol, dan Sukoharjo kota.

Meski dibantah, kabar pembongkaran baliho Puan mendapat tanggapan warganet. Sebanyak 8,6 ribu orang memberikan tanda suka atau like dan 1,6 ribu orang me-retweet unggahan tersebut. Pemilik akun twitter @Boediantar4 mempertanyakan kebenaran foto tersebut. Pasalnya Bupati Sukoharjo, Etik Suryani adalah kader PDIP. “Bener ini Satpol PP berani menurunkan baliho tuan putri? Bupatinya kader lho, hebat kalau berani.”

Ada juga warganet yang mendukung tindakan Satpol PP tersebut. Akun twitter milik @alwarsito menuliskan, “Josssss. Lanjutkan bersihin sampah2 baliho.” Begitu pula akun milik @VianAlexa5 yang berkomentar singkat, “Baguslah.”

Akun bernama jipep mo jadi taruna bahkan mengaku senang dengan aksi penertiban baliho oleh Satpol PP. Ia menuliskan, “Baru kali ini gue demen sama kerjaan Satpol PP.” (ant)