Pramuka

Kastara.ID, Depok – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Depok Nina Suzana berpesan kepada seluruh anggota Pramuka agar tetap eksis meski di tengah pandemi Covid-19. Pesan ini disampaikannya bertepatan dengan peringatan Hari Jadi ke-60 Pramuka yang jatuh pada hari ini.

“Tahun ini kita tidak mengadakan kegiatan besar sama seperti tahun lalu, karena sedang pandemi. Hanya saja, tanggal 14 Agustus ini, anggota Pramuka Kota Depok terpilih untuk menjadi petugas upacara se-Nasional di Cibubur dan disaksikan secara virtual oleh Presiden RI Joko Widodo,” ujar Ketua Kwarcab Kota Depok, Nina Suzana, di Balai Kota, sebagaimana dilansir laman resmi Pemkot Depok, Sabtu (14/8).

Dikatakannya, untuk tema Hari Jadi Pramuka tahun ini yaitu berbakti tanpa henti. Tema ini dijadikan momentum untuk terus melakukan kegiatan dengan penyesuaian selama pandemi.

“Seperti dalam bentuk mitigasi, sosialisasi, pembagian masker dan lain-lain. Ini sudah dilakukan di gugus depan dan kwartir ranting. Jadi, jangan karena pandemi lalu ngga berkegiatan. Kita harus bisa menyesuaikan,” terangnya.

Nina menjelaskan, kegiatan Pramuka tetap berjalan walaupun jumlahnya dibatasi dengan tidak melibatkan banyak orang. Pihaknya juga tengah menyusun pola-pola latihan di masa pandemi.

“Latihan-latihan yang ada di gugus depan menunjukan kekompakan, kerja sama, jiwa sosial dan kepedulian. Mudah-mudahan ini bisa terus dipupuk dalam jiwa pramuka. Sekali lagi, selamat Hari Jadi Pramuka ke-60,” tutupnya. (dha)