Kabut Asap

Kastara.ID, Banjarmasin – Tebalnya kabut asap yang menyelimuti Bandara Syamsuddin Noor di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, membuat dua pesawat batal mendarat, kembali ke bandara asal pada Sabtu (14/9). Jarak pandang di landasan pacu bandara tersebut hanya 50 meter.

Dua penerbangan yang batal mendarat adalah Lion Air JT 310 yang kembali ke Surabaya dan Trans Nusa 681 yang balik badan ke Balikpapan.

“Visibility (jarak pandang) pagi ini hanya 50 meter. Posisi mereka ini sudah terbang, terpaksa kembali ke bandara asal,” ujar Kepala Komunikasi dan Legal Bandara Syamsuddin Noor, Banjarmasin, Aditya Putra Patria, Sabtu (14/9).

Ada dua penerbangan lain yang seharusnya mendarat lebih awal harus berputar di sekitar Banjarmasin selama 20 menit menunggu udara lebih bersih, yaitu Lion JT 320 dan Garuda Indonesia GA 350. Keduanya dari Jakarta. “Yang dua itu sudah terbang, tapi sempat holding 20 menit di udara, setelah aman baru mendarat,” tutur Aditya.

Kabut asap tidak hanya mengganggu jadwal kedatangan, tetapi juga mengakibatkan penundaaan penerbangan dari Banjarmasin, yakni pesawat Garuda GA 533 tujuan Jakarta. (rya)