Kastara.ID, Jakarta – Ridwan Kamil (RK) menjadi rebutan untuk mendampingi Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Kepada Kastara.ID, Pengamat Komunikasi Politik M Jamiluddin Ritonga mengungkapkannya terkait peluang para kandidat Capres di Pilpres 2024

Menurut Jamil, hal itu wajar setidaknya bila dilihat dari tiga hal.

“Pertama, elektabilitas RK relatif tinggi untuk cawapres. RK kerap unggul dibandingkan dengan Sandiaga Uno dan Erick Thohir,” jelasnya, Kamis (14/9) siang.

Karena itu, RK dinilai berpeluang besar dapat mendongkrak elektabilitas Ganjar atau Prabowo. Hal itu setidaknya membuat RK diperebutkan untuk mendampingi Ganjar atau Prabowo.

“Dua, RK menguasai Jawa Barat yang DPT-nya paling banyak di Indonesia. Ini artinya, capres yang didampingi RK berpeluang besar untuk memperoleh suara mayoritas di Jawa Barat,” ungkap pengamat dari Universitas Esa Unggul Jakarta ini.

Jamil menambahkan, menang mayoritas di Jawa Barat tentu impian semua capres. Sebab, perolehan suara mayoritas di Jawa Barat dapat membuka peluang untuk menang secara nasional.

“Tiga, RK sosok yang disukai para milenial. Mereka ini pemilih terbanyak pada Pilpres 2024,” tandasnya.

Karena itu, menurut mantan Dekan Fikom IISIP Jakarta ini, menjadikan RK cawapres memberi peluang besar untuk menggaet kalangan milenial. Hal itu akan membuka peluang memenangkan Pilpres 2024.

“Jadi, RK memang menjadi magnet sehingga memaksa PDIP dan Gerindra untuk menggaetnya menjadi cawapres. RK diperebutkan dengan harapan untuk mengantarkan Ganjar atau Prabowo menjadi Presiden RI ke-8,” pungkas Jamil. (dwi)