MotoGP Valencia 2021(motogp.com)

Kastara.ID, Valencia – Pembalap Italia Francesco Bagnaia akan memulai balapan dari posisi kedua di MotoGP Valencia 2021, Ahad (14/11).

Pembalap Ducati Lenovo itu hanya kalah dari pembalap satelit Pramac Racing Jorge Martin yang berhasil merebut Pole.

Di sesi Kualifikasi, Bagnaia mengaku hampir ditabrak pembalap satelit Petronas Yamaha SRT Valentino Rossi yang menempelnya beberapa kali.

Rossi kedapatan menempel di belakang motor Bagnaia untuk mendapatkan manfaat slipstream di sesi FP3 dengan hasil tembus ke Kualifikasi 2.

Di sesi Kualifikasi, Rossi kembali memanfatkan Bagnaia. Namun hasilnya kurang maksimal. Hal serupa pernah dilakukan Rossi di Qatar 2021 saat Kualifikasi.

“Saya rasa Rossi memanfaatkan slipstream saya dan ketika dia mengerem motor, dia berakselerasi, tapi itu adalah sesuatu yang sering terjadi. Lalu saya akan bertanya padanya,” ujar Bagnaia kepada Sky Sport Italia.

Membantu Rossi adalah bantuan paling sederhana yang bisa diberikan Bagnaia, karena selama ini Rossi telah banyak membantunya menjadi pembalap tangguh.

“Saya nyaris ditabrak oleh Rossi, hal yang sama terjadi pada saya di Qatar. Intinya ini adalah bantuan paling sederhana yang bisa saya lakukan untuk Rossi,” imbuh Bagnaia.

Seperti diketahui, Bagnaia adalah satu-satunya pembalap yang menggunakan ban kompon lembut di Kualifikasi.

“Keausan ban sangat tinggi di sisi kiri dan Anda harus berhati-hati. Kompon lembut berjalan sangat baik, jelas lebih baik daripada kompon keras. Tapi ketika saya menggunakan kompon medium, saya meningkatkan waktu lebih banyak dan saya pikir saya sudah cukup jelas ide untuk balapan,” pungkas Bagnaia. (tra)