Darjamuni

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta terus memastikan keamanan pangan di Jakarta. Salah satunya dilakukan dengan mengoperasikan tiga mobil laboratorium pengujian pangan segar keliling.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Darjamuni mengatakan, mobil laboratorium keliling dilengkapi dengan petugas pengujian yang dapat melakukan uji sampel di tempat pengawasan.

“Kami juga akan intensif melakukan pembinaan terkait standar mutu dan kualitas pangan segar hasil pertanian, perikanan, dan produk hewan kepada para pelaku usaha,” ujarnya, Rabu (5/1).

Darjamuni menjelaskan, Pemprov DKI Jakarta menargetkan, tahun ini pangan segar hasil pertanian, perikanan, dan produk hewan yang beredar di wilayah DKI Jakarta aman konsumsi.

“Hal ini sesuai dengan kebijakan dan program Peningkatan Ketahanan Pangan Masyarakat sebagaimana tertuang dalam RPJMD Provinsi DKI Jakarta,” terangnya.

Darjamuni merinci, capaian kinerja tahun 2019 dari 49.520 sampel uji yang diambil dari berbagai lokasi pasar, supermarket, sentra produksi yang tersebar di lima wilayah kota dan kabupaten Kepulauan Seribu sebanyak 99,74 persen pangan dinyatakan aman dari bahan kimia berbahaya

“Kami akan meningkatkan capaian itu di tahun 2020. Sehingga, masyarakat semakin merasa yakin dan aman dalam mengonsumsi berbagai produk pangan,” ungkap Darjamuni.

Ia berharap, melalui operasional mobil laboratorium keliling, pengawasan bisa dilakukan secra lebih intensif setiap harinya. “Bila ada temuan pelanggaran kita berikan penindakan atau sanksi sesuai dengan SOP,” tandasnya. (hop)