Kastara.ID, Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana (Pusdiklat PB) mengadakan Pelatihan Dasar Manajemen Bencana berpola Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang diikuti oleh sebanyak 25 peserta dari Pertamina Foundation bangkit Batch 3. Pelatihan dilaksanakan secara online melalui media Zoom meeting berbasis kompentensi, pada 15 Januari hingga 19 Januari 2024.

Pembukaan acara secara resmi dibuka oleh Kheriawan selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana, pada Senin (15/1). Dalam sambutanya, Kheriawan menyampaikan bahwa ancaman bencana di Indonesia sangat tinggi. Ancaman bencana bisa meningkat disebabkan oleh kerentanan. Sehingga penguatan kompetensi dengan Pelatihan Dasar Manajemen Bencana ini penting dimiliki oleh relawan Pertamina Fondation, agar menjadi relawan yang mampu dalam bidangnya.

“Dengan diadakannya Pelatihan Dasar Manajemen Bencana Batch 3 berpola PNBP ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang teknik-teknik penyelamatan, pengurangan resiko bencana, serta faktor yang menyebabkan terjadinya bencana dalam hal menghadapi ancaman yang ada di sekitar kita,” ujar Kheriawan.

Dalam pelatihan selama lima hari ke depan, diharapkan peserta untuk menyimak materi dan aktif selama pelatihan berlangsung agar dapat meningkatkan pengetahuan di bidang sumber daya manusia tentang penanggulangan bencana, dikenalkan pada prinsip-prinsip penanggulangan bencana, tahapan tanggap darurat, rehabilitasi rekonstruksi, peran relawan guna membangun koordinasi kelembagaan yang nanti akan bermanfaat di lapangan.

Tujuan dari diadakannya pelatihan ini adalah untuk memberikan dan meningkatkan pemahaman kebencanaan terutama SOP kebencanaan serta memberikan penjelasan mengenai peran dan tanggung jawab pelaku kebencanaan pada saat tanggap darurat.

Masyarakat harus mendapatkan haknya dalam pendidikan kebencanaan, hal ini tertulis dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana. Pelatihan Dasar Manajemen Bencana ini adalah pelatihan dasar yang wajib diikuti sebagai persyaratan sebelum mengikuti pelatihan selanjutnya yang meliputi pelatihan kaji cepat, pelatihan rencana kontigensi serta dapat mengikuti uji kompetensi yang dapat diikuti setelah lulus dari Pelatihan Dasar Manajemen Bencana.

Kegiatan ini merupakan bukti nyata dari Relawan Pertamina Foundation dan Pusdiklat PB BNPB dalam meningkatkan kesiapsiagaan dan pengetahuan operator untuk menghadapi tantangan bencana. Diharapkan dengan diadakannya pelatihan ini akan melahirkan para tenaga operator yang handal dan siap memberikan bantuan dan perlindungan kepada masyarakat di saat mereka membutuhkannya. (ant)