Kastara.ID, Depok – Insan seni dan pelaku usaha di Kota Depok menggelar kegiatan kolaborasi pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pemeran gambar Urag-ureg di De’Tambulatong, Kecamatan Tapos. Kegiatan tersebut dirangkai dengan halal bihalal seluruh insan seni dan pelaku usaha di Kota Depok.

Kegiatan ini diikuti sejumlah komunitas, di antaranya Internasional Council for Small Business (ICSB) Kota Depok, UMKM kelurahan dan kecamatan. Lalu Forum Drawing Indonesia dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Grhadika Sani Kartiyasa (GSK) yang merupakan salah satu wadah seniman Depok berkumpul.

Kapala Bidang Perindustrian, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Depok,  Dzikrulloh Kamali mengatakan, UMKM tidak selalu berupa barang, tetapi juga termasuk jasa dalam hal ini seni. Untuk itu, imbuhnya, kegiatan kolaborasi ini sangat positif dan dapat saling menguatkan.

“Kegiatan seperti ini harus kita kawal agar bisa dikembangkan dan lebih mewarnai di Kota Depok,” tuturnya usai pembukaan pameran, sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok, Ahad (15/5).

Dia menjelaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan menggali potensi-potensi yang ada di Kota Depok. Terlebih, karya-karya dari para seniman memiliki nilai, baik secara ekonomi ataupun seni itu sendiri.

Dirinya berharap, dengan kegiatan ini, UMKM di Kota Depok dapat semakin berkembang. Untuk mendukung hal tersebut, pihaknya juga sedang menggagas Peraturan Daerah (Perda) Rencana Pengembangan Industri Kota (RPIK) agar UMKM lebih tertata dan lebih baik lagi.

“Khususnya seluruh UMKM Kecamatan yang ada di Kota Depok bisa lebih berkembang dengan masing-masing pontensi yang dimiliki,” pungkasnya. (dha)