Abdul Ghoni

Kastara.ID, Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta mendukung kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam menambah jalur khusus untuk sepeda.

Anggota DPRD DKI Jakarta Abdul Ghoni mengatakan, keberadaan jalur sepeda menjadi bagian penting untuk menstimulasi budaya sarana transportasi di era baru dalam mengurangi kemacetan serta meningkatkan kualitas udara

“Kami sangat mengapresiasi penambahan jalur sepeda, khususnya untuk wilayah Jakarta Selatan sebagai sarana transportasi terintegrasi dengan moda transportasi umum lain, termasuk MRT,” ujarnya, Selasa (15/10).

Sementara itu, anggota DPRD DKI lainnya, Yuke Yurike menuturkan, sarana dan prasarana penunjang keamanan dan kenyaman bagi pesepeda harus menjadi perhatian.

“Jalur khusus sepeda itu harus dipastikan steril dari pengendara sepeda motor, jangan sampai ada yang menyerobot,” terangnya.

Yuke menambahkan, untuk menjadikan sepeda sebagai budaya alternatif dalam mengurangi polusi dan kemacetan, Pemprov DKI Jakarta perlu memfasilitasi berbagai fasilitas pengguna sepeda dan menyelesaikan berbagai infrastruktur terintegrasi.

“Bersepeda ini jangan sekadar jadi hobi, tapi harus bisa menjadi budaya sarana transportasi. Selain ketersediaan fasilitas yang baik, sosialisasi juga perlu terus digencarkan,” tandasnya. (hop)