“Dua jenis buah melon yang dipanen yakni alisa dan roofmelonAlhamdulillah, semua hasil panen hari ini diborong oleh jajaran Bapenda DKI,” ujar Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati, Jumat (15/12).

Ia mengungkapkan, total sebanyak 70 pohon melon yang dipanen dengan tingkat kemanisan 15 brix.

“Satu pohon memiliki hasil panen satu buah melon. Jadi, total 70 buah melon yang dipanen dan telah terjual habis,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, Dinas KPKP DKI Jakarta telah melatih sebanyak 935 warga dalam program urban farming selama tahun 2023.

“Angka ini naik sekitar lima persen dari total 18.750 peserta yang telah mengikuti pelatihan urban farming tahun sebelumnya,” jelasnya.

Sesuai intruksi Presiden, lanjut Suharini, Dinas KPKP DKI Jakarta juga sudah menanam sekitar 1,6 juta bibit pohon cabai selama tahun 2023.

“Kami bersyukur setahun kita bisa men-support kebutuhan cabai bagi warga Jakarta sekitar 3,5 persen,” paparnya.

Sementara Kepala Bapenda DKI Jakarta, Lusiana Herawaty mengapresiasi kegiatan budi daya tanaman buah-buahan di rooftop gedung Dinas KPKP DKI.

Menurutnya, kegiatan ini sebagai wujud sinergisitas jajaran Bapenda DKI yang juga membeli hasil panen buah melon sesuai harga yang ditetapkan.

“Ini sebagai contoh yang baik karena dapat memanfaatkan lahan sekecil apapun untuk menanam, khususnya kebutuhan sehari-hari seperti sayur-sayuran dan sebagainya,” tandasnya. (hop)