Surabaya

Kastara.id, Surabaya – Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara, tahun 2018 ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya menyiapkan sedikitnya 51 even.

“Kami menargetkan 27,2 juta wisatawan lokal dan mancanegara sepanjang 2018,” kata Kepala Disbudpar Surabaya Widodo Suryantoro, Selasa (16/1).

Dikatakan Widodo, beragam even yang disiapkan itu meliputi sektor seni dan kebudayaan, kreativitas, promosi wisata, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hingga olahraga.

Diharapkan, dengan menggelar berbagai event, bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. “Tahun lalu jumlah wisatawan yang berkunjung ke Surabaya mencapai 24 juta orang melebihi target yang ditetapkan sebesar 19 juta orang,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, beberapa even tahun lalu yang sukses seperti Festival Kalimas dan Festival Jalan Tunjungan dengan beragam aktivitas kuliner khas Surabaya tetap akan dipertahankan. “Tahun ini kami coba buat berbeda dengan event tahun lalu yang pastinya akan lebih menarik,” ungkapnya.

Dia menceritakan seperti Festival Kalimas yang merupakan kegiatan mengarungi sungai sepanjang 19 km. Agar lebih menarik nantinya akan ada teater yang akan mengulas kembali sejarah sungai tersebut.

Susur sungai dilakukan dengan menggunakan perahu mulai dari Jalan Petekan, Jalan Achmad Jais, Genteng, Taman Prestasi dan berakhir di Monumen Kapal Selam atau Monkasel. (nad)