Sinovac

Kastara.ID, Jakarta – Enam juta dosis vaksin merk Sinovac kembali akan tiba di tanah air pada Ahad (16/1) ini pukul 13.20 WIB. Rencananya tibanya vaksin yang masuk tahap ke-196 dari seluruh vaksin yang tiba di Indonesia, akan menggunakan maskapai Cathay bernomor CX 777.

Hingga saat ini, telah ada lebih dari 112 juta penduduk yang telah divaksinasi lengkap dua dosis. Khusus untuk tenaga kesehatan bahkan lebih dari 87 persennya telah mendapatkan dosis ketiga sebagai vaksinasi lanjutan atau booster untuk meningkatkan perlindungan.

Saat ini pun Indonesia sudah memulai vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun, dan vaksinasi booster untuk beberapa kelompok target sasaran seperti lansia, yang dilaksanakan serentak di semua kabupaten atau kota pada Rabu (12/1) lalu.

Sebelumnya Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmidzi, telah menegaskan jika vaksin booster bisa diberikan kepada semua lansia tanpa melihat kriteria cakupan vaksinasi daerah tersebut.

Sementara untuk vaksin booster bagi masyarakat rentan nonlansia dikatakan Nadia baru bisa dilakulan untuk wilayah dengan capaian vaksinasi dosis pertama minimal 70 persen dari total populasi dan dosis pertama untuk warga lansia minimal 50 persen.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan per 11 Januari 2022, ada 273 kabupaten/kota yang telah memenuhi syarat itu.

Maka itu masyarakat yang termasuk dalam kelompok prioritas penerima vaksin booster diharapkan dapat mengecek tiket dan jadwal vaksinasi di website dan aplikasi PeduliLindungi.

Capaian vaksinasi dan ketercukupan vaksin tentu patut disyukuri. Semua bisa terjadi berkat kerja sama seluruh elemen bangsa, dan yang pastinya berkat dukungan dan peran serta masyarakat.

Meski capaian sudah relatif baik, namun upaya tidak lantas mengendor. Pemerintah tetap akan meningkatkan percepatan dan perluasan vaksinasi agar lebih memberikan perlindungan kepada seluruh rakyat Indonesia. (ant)