COVID-19

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah menargetkan Indonesia bisa bebas Covid-19 pada 17 Agustus 2021. Hal itu disampaikan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo dalam rapat koordinasi yang digelar secara virtual dan disiarkan melalui di kanal Youtube Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) (15/2).

Dalam rapat tersebut Doni menargetkan Indonesia dapat mengendalikan pandemi virus corona atau Covid-19 pada 17 Agustus 2021 bersamaan dengan momentum peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Namun Doni mengungatkan, target tersebut bisa tercapai jika diiringi dengan kebijakan yang tepat. Selain itu kepatuhan masyarakat juga sangat menentukan tercapainya target tersebut.

Doni mengatakan pemerintah daerah juga harus melibatkan masyarakat dalam menangani Covid-19. Menurut dia, masyarakat bisa bersama-sama mencari cara terbaik dalam menanggulangi pandemi.

Mantan Pangdam III Siliwangi ini menambahkan salah satu kunci utama dalam penanggulangan wabah Covid-19 adalah kedisiplinan dan kepatuhan warga dalam menjalani protokol kesehatan. Itulah sebabnya semua pihak harus menyadari hal tersebut.

Doni meminta masyarakat tetap menaati semua ketentuan pemerintah, termasuk tentang aturan-aturan dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro. Aturan tersebut telah diberlakukan sejak 8 Februari hingga 22 Februari 2021 di beberapa wilayah di Pulau Jawa. PPKM berskala mikro menurut Doni lebih fokus pada pendekatan berbasis mikro, RT/RW.

Diharapkan setiap daerah, terutama yang padat penduduk mampu meredam penambahan kasus harian dan aktif Covid-19.

Hingga Senin 15 Februari 2021, kasus positif Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 1.223.930. Dari jumlah tersebut, 1.032.065 di antaranya sembuh dan 33.367 meninggal dunia. (ant)