Tanah Abang

Kastara.ID, Jakarta – Kepala Humas Perusahan Umum Daerah (Perumda) Pasar Jaya Amanda Gita Dinanjar membantah kabar yang menyatakan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat bakal ditutup sementara. Amanda menegaskan, Pasar Tanah Abang tetap buka dan melayani pembeli seperti biasa. Amanda memastikan informasi tersebut adalah berita bohong atau hoaks.

Dalam keterangannya pada Senin (16/3), Amanda menyatakan, pihaknya akan segera menginformasikan kepada publik jika ada kebijakan terkait operasional pasar-pasar yang dikelola Pemprov DKI Jakarta. Termasuk jika ada kebijakan penutupan sementara terkait penanganan penyebaran virus corona.

Amanda menyebut hingga saat ini belum ada instruksi penutupan pasar, baik Pasar Tanah Abang maupun pasar-pasar lain di Jakarta. Ia memastikan pihaknya akan selalu terbuka dan menyampaikan apa pun informasi yang harus diketahui publik. Meski demikian, Amanda tidak menjelaskan langkah apa yang akan diambil guna mencegah penyebaran virus corona.

Sebelumnya beredar informasi melalui layanan pesan singkat WhatsApp yang menyebutkan Pemprov DKI Jakarta bakal menutup pusat perdagangan tekstil terbesar di Asia Tenggara itu. Dalam pesan itu disebutkan, penutupan sesuai dengan Instruksi Gubernur DKI Jakarta No.16 Tahun 2020 Tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease (COVID-19).

Menurut informasi itu, penutupan akan dilakukan mulai Sabtu (14/3) hingga Jumat (27/3). Namun hingga saat ini, menurut informasi itu, belum ditemukan kasus penularan virus corona di Pasar Tanah Abang.

Bantahan serupa juga disampaikan Manajer Bidang Umum dan Humas PD Pasar Jaya, Gatra Vaganza. Saat memberikan pernyataan pada Senin (16/3), Gatra mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah membuat informasi penutupan Pasar Tanah Abang. Ia pun memastikan Pasar Tanah Abang dan pasar-pasar lainnya tetap buka seperti biasa. (hop)