Haji 2019

Kastara.ID, Madinah – Jemaah haji kembali diimbau agar senantiasa minum air selama di tanah suci melalui gerakan minum air bersama.

Seperti saat pelepasan jemaah haji Indonesia asal embarkasi Jakarta-Bekasi kloter 1 (JKS 01) oleh Kepala Pusat Kesehatan Haji dr Eka Jusuf Singka, Senin (15/7).

Pada pelepasan keberangkatan jemaah haji ini, Eka Jusuf kembali mencanangkan Gerakan  Minum Air Bersama. Jemaah diingatkan tetap memperhatikan asupan cairan untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga ibadah haji bisa berjalan lancar.

“Saya meminta bapak dan ibu sering minum air. Sebab air yang berkurang akan menyebabkan gangguan metabolik, keseimbangan karena asupan mineral kurang sehingga seluruh penyakit muncul,” ujarnya di Hotel Faeyrouz Al Khoir di Madinah.

Gerakan Minum Air Bersama dimulai dengan pemberian botol air kepada dua orang jemaah di dalam hotel.

Dia mengaku senang sebab dari pantauannya di Masjid Nabawi, jemaah haji Indonesia sudah mulai memperhatikan anjuran untuk memakai perlengkapan perlindungan diri. Mulai dari masker, kaca mata, maupun penutup kepala.

Namun, saat memantau ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia, masalah dehidrasi masih mendominasi penyakit yang melanda jemaah haji.

Dia pun kembali mengingatkan jemaah untuk selalu membawa air dan secara teratur meminumnya. Serta tidak perlu khawatir bila banyaknya cairan yang masuk bisa membuat sering buang air kecil. “Jadi jangan takut ke toilet, yang penting masukan airnya,” tegas dia.

Kapuskes mengatakan bahwa gerakan minum air bersama sudah berlangsung sejak tahun lalu. Akan tetapi saat itu baru sebatas imbauan, ia mengatakan bahwa kini gerakan akan lebih digalakkan secara masif demi kebaikan jemaah haji.

Ia berharap bahwa gerakan minum air bersama bisa menjadi budaya di antara jemaah, edukasi dan membangkitkan kesadaran akan terus diberikan para jemaah haji Indonesia.

“Harapan kami jadi satu budaya agar bisa tahu lebih baik cegah daripada mengobati jemaah haji benar benar bisa,” dia menandaskan.

Di akhir pelepasan, Eka Jusuf langsung memimpin jemaah haji minum air bersama di dalam bus yang akan membawanya ke Makkah. (put)